Minggu, 30 September 2012

Teknik Renang Gaya Punggung

 
Setelah mempelajari renang gaya bebas dan gaya dada pada post sebelumnya, kali ini kita akan lanjut ke gaya yang tingkat kesulitannya lumayan sulit, yaitu renang gaya punggung. Langsung aja ya check thi out :D

GERAKAN TANGAN RENANG GAYA PUNGGUNG

Posisi awal tangan lurus di atas kepala, kemudian ayunkan tangan ke belakang dekat dengan pinggang. Lalu angkat tangan ke permukaan air hingga kembali ke posisi awal. Kemudian lakukan hal yang sama dengan tangan satunya lagi, dan lakukan secara bergantian. Ketika akan memasukan tangan ke dalam air, usahakan telapang tangan yang masuk terlebih dahulu ke dalam air. Hal tersebut ditujukan untuk memperkecil tekanan dari air.

GERAKAN KAKI RENANG GAYA PUNGGUNG

Posisi kaki tidak terlalu dekat dengan permukaan air, sebaiknya agak masuk ke dalam kolam agar kecepatan yang dihasilkan mekasimal dan juga memudahkan kepala untuk tetap berada di atas permukaan air. Lalu kedua kaki harus berdekatan satu sam lain dan telapak kaki diruncingkan sejajar dengan tulang kaki. Kemudian kaki digerakan naik turun secara bergantian (kiri - kanan). Gerakan kaki harus cukup cepat agar arah berenang tetap lurus ke depan. Diusahakan dalam renang gaya punggung kaki bergerak konstan agar tidak berbelok.

KEUNTUNGAN
 
Keuntungan gaya punggung perenang tidak mengalami kesulitan dalam pengambilan nafas karena kepala menghadap keatas, sehingga memungkinkan perenang untuk mengambil nafas kapanpun diperlukan.

KESULITAN

Kesulitan gaya punggung perenang tidak bisa melihat garis finish, untuk mengetahui apakah perenang sudah dekat garis finish dapat dihitung dengan langkah atau ayunan kaki (nn).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan komen dengan baik ^_^