Jumat, 28 September 2012

Sebanyak 1.304 Mahasiswa Ikuti Olimpiade Science Nasional di UPI

 
Universitas Pendidikan Indonesia menggelar Olimpiade Science Nasional (OSN) khusus wilayah Jawa Barat bersama Pertamina, Selasa (25/9/2012), di Gedung Balai Pertemuan Umum UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Prof. Dr. Asep Kadarohman dalam sambutannya memaparkan, UPI menjadi salah satu tempat pelaksanaan OSN untuk wilayah Jawa Barat yang diikuti 1.304 peserta.  Tempat pelaksanaan yang lain adalah di ITB, IPB dan Universitas Padjadjaran.  Ini menunjukkan bahwa jumlah peserta melebihi target yang direncanakan, dan pada tahun sebelumnya yang berjumlah 1.008.


Khusus jumlah peserta OSN di UPI 483 orang  dari 16 perguruan tinggi yaitu UPI, IT Telkom, Unpar, STKS, Poltek Negeri Bandung, Universitas Subang, Unjani, Unikom, Unisba, Sampoerna of Education, Universitas Widyatama, Universitas Pasundan, Politeknik Piksi Ganesa, Politeknik Manufaktur Bandung, Unla, STT Mandala Bandung, ITB, UIN Sunan Gunung Jati, Unpad, Unsil, STKIP Garut, IAIN Syeh Nurjati Cirebon, IPB, Univ Djuanda Bogor, Akademi Kimia Analis Bogor, Unpak, dan Univ Ibnu Khaldun Bogor.

Prof. Asep menegaskan bahwa pada dasarnya melalui OSN ini dapat diketahui posisi kemampuan akademik dalam basic sains.  Ia berpesan kepada peserta baiknya mengerjakan soal dengan tersenyum. Hal ini sesuai dengan teori psikologi bila mengerjakan dengan riang maka aliran darah lancar ke otak dan mengerjakan hasil tes akan lebih mudah.  Kemudian mahasiswa setelah mengikuti kegiatan ini dapat termotivasi secara sehat. Basic science pada dasarnya perlu diketahui oleh masyarakat secara luas, karena tidak akan maju bila tidak menguasainya. 

Peserta menjalani test best theory untuk mengukur pengetahuan materi peserta, dan science projectScience project adalah tes menguji kemampuan dalam mengembangkan riset untuk membuat  produk yang lebih baik khususnya sesuai tema green energy dan green technology.   Sistem penilaian tersentralisasi di Jakarta.  Universitas Indonesia sebagai panitia pusat dan UPI sebagai PIC atau penanggung jawab pelaksana yang bekerja sama dengan Pertamina.

Sarini Abdullah M.Stat dari FPMIPA Universitas mewakili Ketua Pelaksana /panitia pusat Dr. rer. Nat. Abdul Haris menyampaikan rasa terima kasih kepada UPI  selaku PIC  di tingkat Provinsi Jawa Barat.  OSN ini sudah terlaksana sejak lima tahun yang lalu, dan sudah didukung oleh 33 perguruan tinggi negeri  di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Dirjen Dikti.


Wanita ini menyatakan bahwa pada dasarnya kegiatan bertema green energy dan green technology  dengan memiliki tujuan sebagai berikut :  1) Menjaring para mahasiswa yang memiliki penguasaan sains secara komprehensif. 2) Menghasilkan generasi Indonesia yang mampu berfikir kritis, cerdas, inovatif melalui kecintaan terhadap sains. 3) serta membangun kesadaran pentingnya berprestasi bagi generas muda untuk kepentingan bangsa dan Negara.  Pada dasarnya kompetisi ini tidak hanya sekedar membagi bagi hadiah namun merupakan media sosialisasi program Pertamina sekaligus menjaring pemikiran mahasiswa bagi perusahaan ini dalam melaksanakan kebijakan “Program Pertamina Sobat Bumi.”

 

Kompetisi OSN memperkenalkan model kompetisi baru yaitu science project sebagai bentuk penyempurnaan model kompetisi best presenter. Sistem kompetisi science project divisualisasikan oleh para peserta melalui scientific paper dan aplikasi model.  Diharapkan dari kompetisi ini menghasilkan model/prototype karya cipta yang dapat memberikan sumbangan bagi kemajuan sains di Indonesia.

Pelaksanaan sistem kompetisi pada bidang studi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, dilakukan dua tahap di tingkat provinsi (25/9/2012) di 37 perguruan tinggi mitra diikuti 18.000 peserta teori.  Dari hasil seleksi tersebut akan dijaring 9 peserta terbaik untuk setiap bidang yang akan diumumkan 1 Oktober 2012.  Tahap selanjutnya ditingkat propinsi akan dilaksanakan pada 8 Oktober 2012 melaklui mekanisme seleksi essay dan presentasi makalah soal open ended.  Kemudian tahap seleksi secara nasional dilakukan bagi juara I, II, dan III dari setiap propinsi yang bila bergabung menjadi 132 peserta dalam seleksi pusat di Jakarta pada 26-30 November 2012.

Sedangkan untuk sistem kompetisi science project dilaksanakan beberapa tahap yaitu poster session (25/9/2012), Seleksi Makalah/desk evaluation (26-30/9/2012), Seleksi Regional (8/10/2012), dan seleksi Nasional (26-30/9/2012).  Pada tahap poster science akan ditetapkan poster terfavorit provinsi, akan ditetapkan 4 makalah terbaik regional (sesuai 8 wilayah regional operasional pertamina) yang akan diumumkan 1 Oktober 2012.


Agus Taufik Harahap Sales Manager Bandung Fuel Retail Marketing Region III menyampaikan sambutan mewakili Direktur Utama Pertamina Karen Agussetiawan. Bagi
Pertamina kegiatan OSN ini merupakan tahun kelima, dan penyelenggaraan kompetisi ini semakin meningkat terutama dari jumlah peserta dan juga para peminatnya. Kegiatan ini makin dikenal dan menimbulkan ketertarikan dari mahasiswa yang jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun.  Pertamina memberikan apresiasi pada kegiatan ini yang semula bernilai 1 Milyar menjadi 2.8 Milyar.  Dan penghargaan tidak saja akan diberikan kepada mahsiswa, namun juga akan diberikan kepada perguruan tinggi yang mampu mengantarkan mahasiswanya untuk berprestasi.

Kegiatan yang didukung oleh Kementrian Pendidikan ini memang kompetisi yang besar, karena jumlah partisipasi yang setiap tahun dapat ditingkat kan. Hal ini dapat menjadi media kepada rekan mahasiswa lainnya berpartisipasi pada event lainnya.  Tentunya tetap diharapkan adanya bantuan Perguruan Tinggi lainnya untuk bergabung di OSN pada masa mendatang.  Peningkatan kredibelitas para pemenang tidak hanya saja jago di atas kertas namun juga harus mampu membuat project science yang mampu membuat karya real.   Sungguh diharapkan lahirnya para ahli sains kompeten di masa depan yang mampu berinovasi agar mampu menjadi bisnis sains di masa mendatang.  Tentunya hal ini akan mampu meningkatkan corporate secara strategis dalam kebijakan dan langkahnya yang memiliki dampak positif berkelanjutan di masa mendatang. 


Kegiatan ini merupakan upaya mewujudkan bangsa yang berkualitas di masa mendatang, khususnya dalam menghasilkan putra dan putrid yang terbaik dari segi science.  Apabila melihat usaha di bidang  usaha oil and gas tentunya membutuhkan sumber daya manusia dari berbagai jenis pendidikan terutama para sarjana untuk mengelola Pertamina sebagai milik Indonesia. Muaranya diharapkan dapat mensejahterakan rakyat Indonesia.

Pembantu Rektor UPI Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan  Prof. Dadang Sunendar M.Hum menyatakan bahwa kompetisi ini amat sehat. Ucapan selamat datang pun dihaturkan atas kehadiran dari 16 perguruan tinggi baik  negeri dan swasta di wilayah Jawa Barat. Peningkatan yang signifikan dari jumlah peserta  menunjukan kinerja optimal Dekan FPMIPA dan jajarannya.  Kontinuitas dukungan Pertamina amat baik, karena mampu memfasilitasi, mendorong  generasi muda yang pintar dan berbakat untuk berkembang lebih baik.

“Kegiatan ini menjadi inspirasi bagi kegiatan mahasiswa yang berguna, diharapkan ke depan akan ada olimpeade dalam bidang-bidang tertentu lainnya yang akan bergulir.  Tahun ini pertamina dan panitia dengan mengadakan program science project ,  adalah tepat dan didambakan masyarakat  dan pemerintah terutama dengan  tema green energy. Hal ini sesuai dengan adanya kompetisi otomotif di  sirkuit Sepang Malaysia  dua bulan yang lalu berusaha mencari bahan bakar yang hemat energy.  Hal ini menunjukkan kompetisi OSN sangat relevan dan memiliki tujuan yang sama, karena solusi energi memang dibutuhkan oleh masyarakat yang diharapkan ditemukan melalui kegiatan ini.”ujar Prof. Dr. Dadang Sunendar saat membuka acara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan komen dengan baik ^_^