Kamis, 13 September 2012

Definisi Sehat Dan Sakit


Sehat adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa yang begitu besar dan menjadi dasar dari segala nikmat dan segala kemampuan, karena sehat merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia. Akan tetapi hal tersebut tidak dapat dicapai secara instan dan otomatis, oleh karena itu kita harus pintar menjaga kesehatan agar tidak sakit. Tapi apakah kalian mengerti definisi apa itu sehat dan apa itu sakit ?! Chek this out :D

Definisi sehat menurut para ahli :
  • Sehat adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.( WHO, 1947)
  • Sehat / kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera dari badan (jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.(UU Kesehatan RI No. 23 Tahun 1992)
  • Sehat adalah perwujudan individu yang diperoleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain (aktualisasi). Perilaku yang sesuai dengan tujuan, perawatan diri yang kompeten sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritas struktural. ( Pender, 1982 )
  • Sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri (self care Resouces) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri (self care actions) secara adekuat. Self care Resouces : mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Self care Actions merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual. (Paune, 1983)
Dari ke 3 definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sehat itu mencakup 3 aspek dalam tubuh manusia yaitu fisik, psikis dan sosial. Jadi seseorang dikatakan sehat apabila memiliki raga yang sehat, jiwa yang sehat dan dapat berinteraksi sosial secara baik dan sehat.

Definisi sakit menurut para ahli :
  • Sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial. (Perkins)
  • Sakit adalah gangguan dalam fungsi normal individu sebagai totalitas termasuk keadaan organisme sebagai sistem biologis dan penyesuaian sosialnya. (Pemons, 1972)
  • Sakit sebagai suatu keadaan dari badan atau sebagian dari organ badan dimana fungsinya terganggu atau menyimpang. (Oxford English Dictionary)
  • Sakit merupakan terdapatnya gejala, presepsi tentang keadaan sakit yang dirasakan, dan kemampuan beraktivitas sehari-hari yang menurun. (Bauman)
  • Sakit adalah ketidakseimbangan antara fungsi tubuh manusia, termasuk sistem biologis dan kondisi penyesuaian. (Parson)

5 komentar:

  1. ya terimakasih atas pengertiannya

    BalasHapus
  2. boleh tau referensinya dari mana? karena tanpa referensi, bahan ini tidak bisa dimanfaatkan untuk pembuatan makalah..

    BalasHapus
  3. Artikel kesehatan artikelnya bagus dan mudah di pahami oleh para pembaca,,makasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya.bermanfaat,keren.

    BalasHapus
  4. Sehat yang menurut pendidikan jasmani nya mana?

    BalasHapus

Budayakan komen dengan baik ^_^