Minggu, 02 September 2012

Pengertian Psikologi, Olahraga Dan Psikologi Olahraga

Helloo guys :D

Balik lagi ni .. Gue bakal berbagi ilmu tentang pengertian psikologi dan psikologi olahraga :D Pantengin nihh guys :D

Psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang jiwa dan semua aspek tingkah laku manusia baik aspek kognitif, afektid, ataupun psikomotor. Psikologi juga mempersoalkan inti dari jiwa manusia dan nilainya bagi manusi itu sendiri serta disekitarnya.

Olahraga adalah Perilaku gerak manusia yang bersifat universal yang tidak hanya berorientasi pada fisik semata, namun juga aspek psikisnya. 

Psikologi Olahraga menurut para ahli sebagai berikut :
  • Psikologi olahraga merupakan bidang dalam psikologi yang memanfaatkan prinsip, konsep, fakta, dan metode psikologi dan menerapkannya dalam aspek-aspek aktivitas olahraga seperti aspek belajar, keterampilan, penampilan, pelatihan, dan pengembangan. (Bucher dalam Apruebo, 2005)
  • Psikologi olahraga adalah ilmu yang mempelajari tentang faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi partisipasi dalam olahraga dan latihan serta pengaruh-pengaruh psikologis yang diperoleh dari partisipasi olahraga tersebut. (Williams dan Straub, 1993)
  • Psikologi olahraga adalah studi ilmiah tentang individu dan perilakunya dalam olahraga dan latihan. (Gould dan Weinberg, 1995)
  • Psikologi olahraga adalah sebuah bidang kajian yang menerapkan prinsip-prinsip psikologi dalam setting olahraga. (Kontos dan Feltz, 2008)
  • Psikologi olahraga adalah sebuah bidang kajian yang menerapkan prinsip-prinsip psikologi dalam setting olahraga, baik penampilan individual maupun tim, ditandai oleh sejumlah interaksi dengan individu lain dan situasi-situasi eksternal yang menstimulasinya. (Singer, 1980; Sudibyo, 1989)

Jadi psikologi olahraga secara umum adalah :
Ilmu yang mempelajari kejiwaan dan tingkah laku para pelaku olahraga baik atlet, official, pelatih, dan juga suporter. Dan memahami aspek-aspek psikologi melalui olahraga.


Ok guys ..  itu dia pengertian Psikologi Olahraga, Olahraga, dan Psikologi Olahraga. Boleh silahkan beri komentar untuk menambahkan, mengklarifikasi, menanggapi ataupun bertanya :D

Thanks guys :D

7 komentar:

  1. klo perbedaan psikologi olahraga dengan sosiologi olahrga apa tuh kang ? moohon penjelasannya :))

    BalasHapus
  2. Terimaksih infonya mas
    salam knal

    BalasHapus
  3. psikologi oloahraga sama dengan sosiologi olahraga tetapi mbedanya psikologi olahraga mempelajari jiwa atletnya atau olahragawan klw sosiologi olahraga mempelajari tentang kejadian kejadian dimasyarakat megenai olahraga; misalnya apakah atlet berjilbab diperbolehkan pada waktu pertandingan ?

    anda butuh psikologi olahraga
    kunjungi blog saya
    http://simbolonbermanhot.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Fungsi psikologi pada olahraga dan pada penjas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Nindawati Anggraeni

      Secara singkat, dalam olahraga kompetitif, ilmu psikologi olahraga diaplikasikan untuk memfasilitasi atlet untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan mental/psikologis, seperti, konsentrasi, mental imagery/visualization, emotional & arousal regulation, motivasi, goal setting, group cohesion (khususnya untuk olahraga tim), dan berbagai jenis keterampilan psikologis lainnya.

      Untuk penjas, psikologi olahraga dapat diaplikasikan dengan cara yang mirip seperti untuk olahraga kompetitif, dan juga dapat diaplikasikan untuk membantu mendesain sesi penjas yang efektif yang dapat meningkatkan tingkat antusias pesertanya, karena psikologi olahraga juga membahas mengenai bagaimana para peserta mulai menyukai dan tetap bertahan pada olahraga tertentu.

      Hapus
    2. https://jonassahsportpsych.wordpress.com

      Hapus

Budayakan komen dengan baik ^_^