Selasa, 04 September 2012

Peraturan Waktu Permainan Bola Basket

Permainan bola basket merupakan permainan tercepat ke 2 di dunia setelah hockey es. Selain dilihat dari pola permainannya yang begitu cepat, pernyataan itu juga dilihat berdasarkan dari peraturan waktu yang ada dalam permainan bola basket yang hanya 4 x 10 menit ini. Dalam permainan bola basket juga terdapat babak tabahan waktu dengan rumus N x 5 menit.

Dalam postingan kali ini gue bakal share tentang peraturan waktu yang terdapat dalam permainan bola basket, yaitu sebagai berikut : 
  • Peraturan waktu 1 menit adalah peraturan waktu yang diberikan kepada setiap tim yang bertanding, masing-masing tim mempunyai hak dan kesempatan untuk meminta waktu time out. Time out yang diberika kepada setiap regu adalah 1 kali pada Quarter 1 s/d 3 dan 2 kali pada Quarter 4. Time out sendiri dapat diakumulasikan dengan syarat Quarter 1 dengan 2 saja dan Quarter 3 dengan 4 saja.
  • Peraturan waktu 24 detik adalah peraturan dimana suatu tim hanya mempunyai waktu 24 detik dalam hitungan mundur untuk melakukan penyerangan. Waktu akan di reset kembali ke 24 detik apabila terjadi sebagai berikut : 
  1. Bola mengenai ring lawan Apabila terjadi kesalahan di area lapangan sendiri atau bertahannya.      
  2. Apabila terjadi kesalahan di area penyerangan dengan waktu kurang dari 14 detik maka akan di reset ke 14 detik, namun apabila terjadi kesalahan dengan waktu di atas 14 detik maka akan dilanjutkan. 
  3. Peraturan waktu 8 detik adalah peraturan dimana suatu regu tidak boleh menguasai bola di area lapangan sendiri atau bertahannya selama 8 detik.
  • Peraturan waktu 5 detik adalah peraturan dimana setiap pemain hanya mempunyai waktu 5 detik untuk memegang bola tanpa di mainkan, baik saat mau melakukan lemparan ke dalam maupun pada saat permainan.
  • Peraturan waktu 3 detik adalah peraturan dimana seorang pemain penyerang tidak boleh berada di area terlarang atau daerah bersyarat (lihat dambar) lebih dari 3 detik pada saat bola sedang berada pada area penyerangan.
 


Yapp .. itu dia guys postingan kali ini untuk kategori bola basket. Masih banyak lagi lanjutan dari postingan ini. Pantengin terus ya guys :D

Thanks guys :D      

4 komentar:

Budayakan komen dengan baik ^_^