Kamis, 20 September 2012

Empat Mahasiswa UPI Dilepas ke Ajang APMUN di Bangkok

 

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia melepas empat mahasiswa UPI sebagai delegasi universitas pada ajang internasional “Asia Pasific Model United Nations (APMUN) 2012” . Selasa (18/09/2012) di Ruang Kerja Rektor Gedung Partere kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. “UPI mendorong sekali dengan ajang tingkat internasional ini, dengan ajang ini merupakan akses internasional yang strategis,” kata Prof. Sunaryo Kartadinata.

Rektor UPI mengharapkan melalui ajang ini, selain menjaga nama baik UPI, diharapkan para delegasi bisa menunjukan potensi dan kapasitas mahasiswa UPI di ranah internasional, kesempatan baik ini sekaligus menjadi kepercayaan negara luar terhadap UPI sendiri.
“Pada tahun 2012 ini, untuk pertama kalinya UPI mengirimkan mahasiswanya untuk menjadi delegasi universitas pada ajang internasional (APMUN) 2012 di Bangkok, Thailand. Ajang internasional APMUN  ini akan diselenggarakan pada 20-24 September 2012,” kata Prof. Dr. H. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Reza Nurizki dari Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FPBS angkatan 2008; Sri Mulyati dari Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA angkatan 2010; Tri Rana Agung Nugraha dari Jurusan Management Resort and Leisure FPIPS angkatan 2010; dan Yasmin Nindya Chaerunissa dari Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS angkatan 2008. Serta didampingi oleh dua orang dosen pembimbing Prof. Dr. Bunyamin Maftuh dan Riesky, M.Ed.


Dikatakan Prof. Bunyamin, mahasiswa tersebut berhasil lolos dalam seleksi yang diselenggarakan UPI bulan Juli 2012. Mereka berhasil menyisihkan 34 peserta perwakilan dari seluruh jurusan di UPI. Kemudian keempat mahasiswa UPI tersebut akan bergabung bersama lebih dari dua ribu mahasiswa dari Asia dan belahan dunia dalam ajang internasional ini.

APMUN sendiri merupakan ajang simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pertama dalam cakupan regional Asia-Pasifik untuk tingkat universitas di Asia. APMUN bertujuan untuk mempertemukan para mahasiswa dari lima benua dengan keanekaragaman budayanya agar mereka dapat merasakan suasana sidang dan debat PBB yang sesungguhnya.


APMUN diselenggarakan oleh ASEAN Regional Center of Excellence on Millenium Development Goals (ARCMDG) bekerjasama dengan Asian Institute of Technology (AIT). APMUN 2012 akan diselenggarakan selama lima hari untuk mahasiswa tingkat universitas di Bangkok dengan dukungan dari Kementrian Luar Negeri Thailand, PBB, Unesco, dan institusi pemerintah terkait.

Di ajang APMUN, para delegasi akan mendapatkan gambaran mengenai cara kerja PBB dan dinamika hubungan internasional dengan berperan sebagai perwakilan PBB, anggota dari badan-badan internasional PBB, kabinet nasional, dan pers.

APMUN 2012 ini membahas isu khusus tentang Sustainable Development dan Milenium Develovment Goals (MDGs). APMUN sendiri merupakan ajang yang dapat dimanfaatkan bagi para mahasiswa untuk mendiskusikan isu-isu global yang diperbincangkan oleh para pemimpin dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan komen dengan baik ^_^