Kamis, 20 September 2012

Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas



Dalam pembelajaran renang terdapat beberapa gaya yang bisa digunakan, renang gaya bebas merupakan gaya yang paling universal dan umunya dikenal dikalangan masyarakat. Terdapat beberapa latihan teknik dasar dalam renang gaya bebas, yaitu sebagai berikut :

TEKNIK GERAKAN KAKI

Latihan teknik gerakan kaki renang gaya bebas dapat dilakukan dengan cara kedua tangan berpegangan pada pinggiran kolam, kemudian kedua kaki lurus kebelakang dan digerakkan turun naik secara bergantian dengan sumber gerakan dari pangkal paha.

TEKNIK GERAKAN TANGAN

Latihan teknik gerakan tangan renang gaya bebas dapat dilakukan dengan cara kedua kaki dibuka lebar dan berdiri di kolam yang dangkal, kemudian bungkukkan badan bersamaan kedua tangan lurus kedepan. Gerakan satu tangan kedalam air kearah pusar dengan siku dibengkokkan. Lalu tangan kebelakang hingga lurus disamping paha.
Setelah itu tangan diangkat keatas hingga siku-siku mebentuk sudut 90 derajat. Tangan dijatuhkan kedalam air dengan ibu jari masuk dulu sejajar tangan yang didepannya, dilakukan dengan tangan bergantian secara terus-menerus.

TEKNIK PENGAMBILAN NAFAS

Latihan teknik pengambilan nafas renang gaya bebas dapat dilakukan dengan cara berdiri menghadap kolam dan kedua tangan berpegangan pada tepi kolam, kemudian lutut direndahkan hingga kepala masuk kedalam air. Putar leher kekanan dan kiri dan lakukan secara bergantian. Hiruplah udara sebanyak-banyaknya dan saat masuk ke air buang secara perlahan nafas hingga habis melalui mulut.

TEKNIK GERAKAN RENANG GAYA BEBAS

Pelaksanaan teknik derakan renang gaya bebas yaitu posisi tubuh streamline atau sejajar dengan permukaan air dan posisi kepalan normal. Kaku digerakan naik turun secara bergantian (menggunting air) dengan sumber gerakan pangkal paha. Gerakan tangan berputar kedepan dengan gerakan menarik dan mendorong dalam air. Saat leher keluar kepermukaan air, hirup udahara dari mulut dan saat kepala di dalam keluarkan nafas secara perlahan dari mulut.

1 komentar:

  1. kang azul, barangkali akang belum tahu, selaku insan olahraga, akang bisa bergabung didalam media sosial mengenai olahraga yaitu insanolahraga.net
    akang bisa berkreasi banyak di dalamnya kang, haturnuhun kang

    BalasHapus

Budayakan komen dengan baik ^_^